spongebob

Kamis, 07 Mei 2015

Linguistic Research Methodology



Fitri Andriyani
6th Semester
Linguistic Research Methodology

JUDUL: KRITIK SOSIAL TERHADAP IKLAN “CITRA BENGKOANG BODY LOTION”
TUJUAN: Untuk mengetahui makna lain dari iklan Citra Bengkoang Body Lotion

Membicarakan tentang pemutih kulit memang tidak pernah ada habisnya. Topik ini memang cukup menarik bagi wanita Indonesia. Lihat saja, ada begitu banyak iklan produk pemutih kulit di televisi, masing-masing mengklaim produknya sanggup memutihkan kulit dalam waktu hitungan minggu. Citra merupakan salah satu produk kecantikan yang merepresentasikan nilai-nilai kecantikan dalam iklan-iklannya. Hampir semua iklan citra menggunakan model perempuan yang cantik. Sebagai contoh pada iklan Citra Bengkoang Body Lotion.
Dalam iklan ini, tokoh perempuan digambarkan sebagai seorang designer yang cantik dan memliki kulit yang putih dan bersinar. Kemudian narator mengatakan “Kita punya rahasia kecantikan sendiri yang terbaik untuk kulit Indonesia, cerah alami yang paling pas untuk kulitmu”. Dan digambarkan sedikit mengenai cara pembuatan citra yang menggunakan bengkoang. Kemudian digambarkan designer tersebut sedang menggunakan produk Citra Bengkoang Body Lotion pada tubuhnya. Sang designer tersebut bersama dengan dua orang model indo yang juga terlihat cantik dan berkulit putih mengenakan baju dari designer dan kemudian mereka berfoto. Pada akhir iklan, narator mengatakan kembali kata “cerah alami, pas untuk kulit Indonesia”.
Itu hanya salah satu contoh iklan produk citra di televisi, dan selain itu masih banyak iklan-iklan citra yang lainnya. Seperti yang sudak dikatakan diatas, iklan-iklan produk citra selalu menggunakan model perempuan cantik yang memiliki kulit putih dan mulus. Dalam iklan-iklan perawatan kulit berkampanye bahwa kulit yang cantik itu adalah kulit yang putih. Putih yang disini adalah benar-benar putih mulus tanpa ada jerawat atau apapun. Dalam iklan ini pula memiliki slogan “cerah alami, pas untuk kulit Indonesia”. Tetapi bukankah sebenarnya kebanyakan kulit orang Indonesia itu bukan putih melainkan sawo matang yang berarti coklat?
Menurut pendapat saya, dari sini kita bisa mengetahui bahwa iklan produk citra ini memberikan sindiran bagi perempuan Indonesia yang memiliki kulit tidak putih cerah seperti yang ada pada slogan produk citra dan yang digambarkan oleh tokoh iklan tersebut. Selain itu, dalam iklan ini terlihat dua model indo yang juga cantik dan berkulit putih mulus. Jadi, iklan ini sebenarnya ingin membandingkan antara kulit yang dimiliki oleh perempuan Indonesia dengan model indo yang memang aslinya mereka memiliki kulit yang putih.
Selain itu, iklan ini juga memberikan kritikan yang pedas bagi orang-orang dari Papua yang memiliki kulit hitam. Jika dikatakan bahwa“Kita punya rahasia kecantikan sendiri yang terbaik untuk kulit Indonesia, cerah alami yang paling pas untuk kulitmu”. Dikatakan disini bahwa yang cantik adalah yang berkulit putih dan cerah, lantas apakah tidak ada orang Papua yang cantik kalau begitu? Apakah mereka harus berkulit putih dahulu agar bisa dikatakan cantik? Hal ini benar-benar perlu diperhatikan.
Selain hal itu pula pernah ada kasus mengenai rasisme di Thailand karena adanya iklan produk citra. Dikatakan di Beritasatu.com (Senin, 28 Oktober 2013 | 06:58) :
“Bangkok - Sebuah iklan produk pemutih kulit, yang menawarkan beasiswa kepada pelajar dengan kulit lebih putih, memantik perdebatan soal rasisme di Thailand. Akibatnya pada pertengahan pekan lalu, Unilever, produsen produk itu, dipaksa untuk meminta maaf atas "kesalahpahaman" tersebut. Iklan produk pemutih kulit Citra itu sebenarnya berisi permintaan bagi pelajar-pelajar perempuan untuk memasukkan foto diri mereka di kampus tempat mereka belajar, lengkap dengan seragam, dan sebotol produk Citra Pearly Whith UV. Pemenang akan mendapatkan hadiah 100.000 baht. Citra adalah anak usaha Unilever.
Iklan itu sendiri ditayangkan di televisi dan YouTube. Dalam tayangan itu ditunjukkan dua orang pelajar perempuan. Mahasiswi pertama punya kulit lebih putih, sementara mahasiswi kedua berkulit gelap.
Dalam iklan itu keduanya diminta untuk menjawab pertanyaan tentang apa "yang bisa membuat keduanya keren dalam balutan seragam."
Siswi yang berkulit gelap tidak bisa menjawab pertanyaan itu, sementara mahasiswi berkulit putih - yang disebutkan dalam iklan itu sebagai yang lebih cantik - mengatakan Citra bisa membuatnya lebih cantik dalam balutan seragam universitas.
Iklan itu lantas memantik perdebatan tentang pemutih kulit dan tingkat pendidikan. Banyak orang yakin bahwa iklan itu menggambarkan bahwa orang berkulit gelap kurang pintar dari mereka yang kulit putih.
Meski iklan itu sudah ditarik pekan lalu, tetapi kompetisi untuk mendapatkan beasiswanya masih tetap berlangsung.
Akibatnya dalam berbagai forum banyak yang mengatakan bahwa kini orang bisa mendapat beasiswa karena kulitnya putih, bukan karena kepintarannya.
Sementara Uniliver Thai Trading mengatkan mereka tidak pernah menganjurkan "diskriminasi rasial" dalam iklan mereka dan "minta maaf" atas iklan tersebut.
"Merek Citra akan lebih sensitif terhadap kampanye aktivasi merek di masa depan," bunyi pernyataan Unilever.
Produk pemutih kulit sangat diminati di Thailand, seperti juga di negara Asia Tenggara lainnya, termasuk Indonesia.
Tetapi di Thailand, iklan produk-produk itu menjanjikkan "kulit putih sempurna", tetapi di saat yang sama menyindir mereka yang berkulit gelap dengan kata-kata semisal "hitam seperti burung gagak". ”

KESIMPULAN
Memang tampilan iklan sangat menggoda dengan model cantik dan kulit halus mulus. Tetapi bagaimana semestinya kita menyikapi iklan tersebut dengan lingkungan di sekitar kita. Warna kulit kita sudah ditakdirkan. Mayoritas wanita Indonesia tergolong ke dalam ras Melayu yang warna kulitnya cenderung coklat. Bagi wanita berketurunan Tinghoa tentu warna kulitnya lebih terang.
Konsep mengenai kecantikan direpresentasikan sebagai perpaduan bentuk penampilan fisik dengan kecantikan kulit sebagai bagian utamanya yang disertai dengan prestasi dan kepribadian yang baik dari seorang wanita, sehingga dapat menciptakan kecantikan yang bersumber dari luar dan dalam.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar